bertaburan

Jumat, 09 Maret 2012

RUMAH IDEAL DI LAHAN TERBATAS

Pemilik rumah ini adalah keluarga besar. Jumlah penghuninya mecapai 10 orang, terdiri dari suami, istri, 5 orang anak dan 3 orang pembantu. Alhasil, kebutuhan kamarnya pun banyak. Di atas lahan yang hanya 9X17 m2 seluruh kebutuhan ruang tersebut harus di akomodsai
, tanpa mengorbankan kenyamanan, srikulasi udara dan pencahayaan. Pemilik menginginkan fasad rumahnya tampil tidak terlalu mewah tapi tetap menarik, salah satu obsesi mereka adalah memiliki rumah yang menarik, terlihat sederhana dan tidak glamour.
Rumah Minimalis Modern

Di situlah letak tantangan dalam merancang rumah ini. Penataan ruang di fokuskan pada kenyamanan masing-masing kamar, setelah itu ke bagian area ruang makan dan seterusnya. Ruang tamu di beri partisi pemisah supaya aktifitas di area privat (ruang makan) tidak terlihat oleh tamu. Sedangkan ruang santai dan mushola tetap mendapat porsi yang proprsional.
Interior Minimalis
Desain rumah ini membuktikan bahwa dengan lahan yang terbatas dan kebutuhan ruang yang banyak tetap bisa nyaman dan indah. Penataan denah memprioritaskan setiap ruang untuk memperoleh pencahayaan dan sirkulasi udara yang optimal, Hal itu bisa dilihat dari bukaan-bukaan jendela yang ada di setiap kamar dan adanya patio serta  area terbuka di lantai 2.
Denah

Pembagian ruang yang pas merupakan kelebihan dari rumah ini, karenanya  meskipun ruangnya cukup banyak namun tetap terkesan luas. Ruang makan di desain luas dan berada di tengah ruang mempunyai fungsi untuk menyatukan ruang-ruang tidur. Kehadiran waterwall dan kolam juga menambah nyaman area ruang makan, di samping fungsi utamanya sebagai sumber pencahayaan serta untuk sirkulasi udara.
Interior Minimalis
Void di area tangga berfungsi untuk memperluas area di ruang makan secara perseptual. Void tersebut juga berfungsi sebagai penghubung antara lantai 1 dan lantai 2. Sedangkan area di bawah tangga bisa di manfaatkan sebagai gudang dan tempat menyimpan barang.
Interior Minimalis
Di lantai 2, ruang santai serta mushola juga mempunyai peran yang sama seperti ruang makan. Hasilnya baik di lantai 1 maupun di lantai 2 ruangan terasa luas dan nyaman.
Rumah ini memakai cukup banyak material batu alam, karena pemilik menginginkan rumahnya tetap tampil natural. Finishing Eksterior memakai batu susun sirih (bagian pagar), batu candi (untuk bidang di lantai 2 sebelah kiri), serta batu paras jogja susun acak (untuk bidang di lantai 2 sebelah kanan).
Rumah Minimalis Modern
Untuk water wall kita memakai batu andesit susun acak, sedangkan untuk finishing dinding interior banyak bidang yang di finish memakai wallpaper dan HPL. Pencahayaan (Lighting) juga menjadi nilai lebih dari rumah ini, permainan lighting menambah nuansa dramatis dan elegan rumah ini, baik pada eksterior maupun interiornya.
Interior Minimalis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar