bertaburan

Senin, 05 Maret 2012

desain dapur


Dapur menurut fungsinya:

Dapur basah: Di sinilah kegiatan masak-memasak sebenarnya dilakukan, seperti menyiapkan makanan dari mentah sampai diolah menjadi masakan yang siap untuk disantap.

Dapur kering: Dapur kering atau seringkali dikenal sebagai pantry, lebih banyak digunakan untuk membuat makanan yang ringkas dan mudah untuk disajikan, misalnya seperti menyiapkan sarapan pagi dan membuat makanan praktis lainnya. Bagi keluarga modern, dapur kering juga bisa dijadikan tempat untuk kumpul keluarga sambil menikmati hidangan kecil.

Desain Dapur

Kreatifitas baru terus bermunculan seiring dengan perkembangan desain interior maupun eksterior dan memunculkan desain dapur yang semakin menarik dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera pemilik rumah. Perencanaan dapur modern sekarang mengikuti prinsip segitiga yang menyatakan bahwa 3 fungsi utama dapur adalah penyimpanan (seperti kulkas), persiapan, dan memasak. Berikut ini beberapa desain dapur yang banyak dipakai:
Single Line
Desain dapur ini berbntuk garis lurus. Dapur jenis ini banyak ditemui di apartemen atau rumah yang memiliki ruang-ruang yang memanjang dan tidak terlalu lebar. Bentuk ini kurang efektif namun hemat tempat.
Desain Dapur Single LineDapur Single Line

Double Line
Pada desain ini dapur bersih dan dapur kotor terletak pada dua dinding yang berlawanan. desain ini dibuat untuk memudahkan pemisahan antara dapur bersih dan dapur kotor.
Desain Dapur Double LineDapur Double Line

Bentuk “L”
Model ini bisa diterapkan pada ruang yang terbatas. Jalur sirkulasi pada dapur L relatif lebih nyaman. Bentuknya yang siku memungkinkan pengelompokan antara dapur bersih dan kotor ditempatkan pada 2 dinding yang berpotongan (di sudut).
Desain Dapur Bentuk LDapur Bentuk L




Bentuk “U”
Bentuk dapur U biasanya menempati tiga dinding dan dapat digabungkan dengan bar karena bentuknya yang ngantong. Dapur U bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan yang cukup luas.
Desain Dapur Bentuk UDapur Bentuk U



Bentuk “island” (pulau)
Desain dapur bentuk pulau membawa kesan ekslusif dan dapat diterapkan apabila ruangan yang tersedia cukup luas. Pada bentuk ini kompor atau oven berikut cooker hood terpisah dari perangkat dapur lainnya. Selain itu, tipe pulau ini juga berfungsi sebagai tempat makan dan meja saji juga. Anda bisa mengkombinasikan ke empat desain dapur di atas dengan desain dapur bentuk pulau.
Desain Dapur Bentuk PulauDapur Bentuk Pulau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar